5 Jenis Tanaman Hias Beracun

Menanam tanaman hias di pekarangan rumah tidak hanya membuat pekarangan menjadi lebih indah tetapi juga dapat membuat pekarangan rumah anda terasa lebih sejuk. Saat memilih tanaman hias untuk anda tanam di pekarangan rumah anda sebaiknya anda hati-hati karena tidak jarang tanaman hias yang cantik dilihat namun ternyata dibalik kecantikannya tersimpan aroma yang menyengat dan tidak sedap tercium, bahkan ada yang beracun dan menyebabkan pusing serta mual saat terhirup penghuni rumah. 

5 Jenis Tanaman Hias Beracun

Berikut ini 5 jenis tanaman hias yang memiliki racun yang berbahaya:

Dieffenbachia

Tanaman hias ini di Indonesia terkenal dengan nama Sri Rejeki, Beras Wutah, dan juga Dumb Cane. Dibalik keindahan tanaman hias yang satu ini ternyata memiliki getah yang beracun. Tanaman yang berasal dari Rwanda, Kenya, dan juga Uganda, yang banyak anda temukan di area sekolah, tanaman, dan juga perkantoran ini menyimpan racun (kalsium oksalat) pada bagian batang dan juga daunnya. Saat kulit racunnya dapat menyebabkan gatal-gatal di area bibir dan juga lidah, bahkan tidak jarang mengakibatkan kejang-kejang.

Rhubarb

Tanaman hias yang satu banyak dipilih orang-orang untuk menghiasi pekarangan rumahnya karena membuat pekarangan rumah terasa lebih sejuk dan segar. Namun, tanaman yang batangnya bisa dimakan dan juga masih satu family denga pohon talas ini ternyata memiliki racun yang berbahaya bahkan bisa sampai mematikan fungsi ginjal.

Untuk menghindarkan anda dari racunnya yang berbahaya, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi batang tanaman ini dalam keadaaan mentah.

Daffodil

Tanaman hias yang memiliki bunga berwarna kuning yang indah ini memiliki racun yang berbahaya. Racun dari tanaman hias yang indah ini terletak pada bagian bunga terutama bakal tunasnya. Zat beracun yang ada pada tanaman hias ini adalah lycorin, yang mana jika racunnya tertelan dapat menyebabkan mual, muntah, diare, hingga iritasi yang parah pada mulut.

Foxglove

Tanaman hias yang memiliki bunga dengan warna-warna yang indah ini sangat ini sangat indah dipandang mata. Sayangnya seluruh bagian dari tanaman ini mengandung glikosida yang dapat bisa menyebabkan keracunan. Jika tertelan anda akan mengalami mual, kejang-kejang, mengigau bahkan hingga gangguan irama jantung yang dapat menyebabkan kematian. Oleh sebab itu sebaiknya anda menghindari menanam tanaman hias yang satu ini.

Oleander

Tanaman yang sekilas memiliki bunga seperti bunga sakura ini memproduksi getah yang beracun. Pohon yang biasanya mencapai ketinggian lebih dari 3 meter ini mengandung racun yang mematikan di semua bagian tanaman. Saking mematikannya, getah pohon beracun tersebut bisa menyebabkan kelumpuhan jika mengenai bagian kulit tubuh yang tengah luka.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer