5 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Buah yang memiliki bentuk dan rasa yang unik ini memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Buah naga ada 3 jenis yaitu: buah naga merah, putih dan kuning. Buah naga kuning memiliki daging yang berwarna putih, hanya kulitnya berwarna kuning. Dan di Indonesia budidaya buah naga jenis ini masih jarang. Ketiga jenis buah naga ini pada dasarnya sama-sama baik untuk kesehatan, yang membedakan satu sama lain adalah nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

5 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Namun, menurut oleh Ahli Gizi dan Diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi, MND, buah naga yang merah ternyata memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Buah naga yang memiliki daging berwarna merah ternyata memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Pendapat itu disampaikan oleh Ahli Gizi dan Diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi, MND "Biasanya buah-buah yang berwarna cerah, sama halnya dengan buah naga (merah) akan memiliki kandungan dan kadar antioksidannya yang jauh lebih tinggi," (Sumber: health.detik.com). Oleh karena itu di sini akan dibahas manfaat buah naga merah untuk kesehatan. Berikut manfaat buah naga merah untuk kesehatan.

Mencegah Penuaan Dini

Buah naga yang memiliki kandungan antioksidan sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Buah yang satu ini dianggap cukup ampuh dalam menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Membantu Mencegah Anemia

Selain tinggi serat, buah naga merah juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yang mana zat besi ini merupakan unsur penting dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah naga merah tubuhmu akan terindar dari resiko penyakit anemia.

Meringankan Gangguan Pernapasan

Kandungan omega 3 dan omega 6 pada biji buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pernafasan. Selain itu, jika dikonsumsi dalamjumlah yang tepat, buah yang satu ini dapat meringankan gejala batuk dan juga meringankan gangguan pernafasan seperti asma, sesak nafas, dan gangguan pernafasan lainnya.

Membantu Mencegah Obesitas

Untuk kamu yang memiliki masalah berat badan, atau sedang program menurunkan berat badan, mengkonsumsi buah yang satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Selain itu, kalori buah naga ini cukup rendah sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. 

Kandungan serat yang tinggi juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan, dan juga mengatasi sembelit. 

Menurunkan Risiko Kanker

Buah naga merah mengandung lycopene yang dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin B2, serat, posfor, dan kalsium di dalamnya dapat membantu mengeluarkan racun logam yang ada di tubuh, yang mana racun tersebut merupakan penyebab kanker. Sementara kandungan antioksidan htyoalbuminnya membantu menghindarkan radikal bebas dalam tubuh.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer